Minggu, 01 April 2012

Milki's Resume


Sejujurnya, saya tidak pandai untuk menganalisis kepribadian orang, apalagi kepribadian diri sendiri. tiap orang punya sudut pandang yang berbeda-beda dalam memandang berbagai hal. orang akan lebih mengedepankan faktor tertentu sebagai kriteria penilaian, termasuk penilaian terhadap kepribadian seseorang. Bagaimana seseorang menghadapi suatu masalah merupakan salah satu penggambaran karakter keseluruhan. karena saya pikir akan terlalu banyak subjektivitas yang terjadi. apa pun itu, saya akan mencoba mendeskripsikan diri saya sendiri dari dua sisi.

Berikut ini hal-hal yang membangun karakter saya ke arah yang positif.
1.       Saya tipe orang sanguinis. Sebisa mungkin di setiap kesempatan membuat orang bahagia atau paling tidak tersenyum. Karena menurut saya senyuman adalah obat yang mampu menguatkan hati kita dalam kondisi apa pun.
2.       Saya juga termasuk tipe plegmatis. Orang yang cinta damai dan menjalani kehidupan dengan lurus. Jika bisa diselesaikan dengan cara yang lebih bersahabat, kenapa harus ada perdebatan dan pertikaian?
3.       Saya agak susah beradaptasi di lingkungan yang baru. tidak heran jika orang yang belum mengenal menganggap saya pendiam.
4.       Saya suka mencoba hal-hal yang baru. sangat menyenangkan jika bisa melakukan sesuatu untuk pertama kalinya dan menimbulkan kesan yang positif. Selama di STAN, saya bersyukur bisa merasakan banyak hal yang memberi nilai tambah untuk diri sendiri , misalnya jadi wartawan Media Center, magang di Himas (Himpunan Mahasiswa Akuntansi STAN), jadi MC, panitia wisuda dan daftar ulang
5.       Keluarga selalu menjadi nomor satu. Mereka adalah orang yang selalu berada di samping saya kapan pun, di mana pun, dan bagaimana pun saya. Hanya cinta mereka yang benar-benar tulus
6.       Tidak mau menunda pekerjaan. saya akan selalu terbayang-bayang tugas itu sepanjang waktu selama saya belum menyelesaikannya. Lama kelamaan menjadi beban yang justru menghambat aktivitas saya.
7.       Berpikir realistis. Tidak bicara dan berpikir yang muluk-muluk. selalu sadar akan posisi dan keadaan saya sekarang
8.       Saya tipe influence compliance. Mudah bergaul dan menjalin pertemanan. Selain itu saya punya prinsip lebih baik menaati aturan jika tidak ingin berurusan dengan orang lain.
9.       Saya punya motto “Fastabiqul Khairat” berlomba-lomba dalam kebaikan. Sejak dulu saya suka berkompetisi. Karena memaksa saya untuk belajar dan terus belajar
1.   Easy going. Menjalani kehidupan apa adanya dan biasa-biasa saja.
1.   Bisa multitasking jika diperlukan. Dalam kondisi darurat, dua tiga pekerjaan sanggup sekaligus dipegang. Namun dengan tekanan yang sangat tinggi
1.   Mudah tidur. Hampir di setiap tempat dan setiap waktu saya bisa cepat menyesuaikan diri untuk tidur.

Selanjutnya, saya akan menjelaskan hal-hal yang menjadi titik lemah yang harus diminimalisasi
1.       Tidak sabar. Apalagi jika berhubungan dengan menunggu keputusan dan tanggapan orang lain
2.       Butuh waktu lama untuk mengambil keputusan. Kontradiktif dengan poin nomor 1, saya butuh banyak pertimbangan untuk memutuskan suatu hal. seringkali semakin dipikirkan, semakin banyak alasan untuk menunda
3.       Bukan tipe pendengar yang baik. Mungkin saya bisa mendengarkan cerita orang dalam waktu yang lama, tapi tidak bisa focus. Hal itu membuat orang yang bercerita jadi merasa diabaikan
4.       Hanya mengikuti arus. Selalu bermain aman. Tidak berani berinovasi karena takut akan anggapan orang lain
5.       Otak kiri lebih aktif daripada otak kanan. Lebih menggunakan logika daripada perasaan. Jadi, saya cenderung kaku
6.       Sering tidak puas dengan hasil kerja keras sendiri, dan lebih membanggakan milik orang lain
7.       Tidak punya skala prioritas dalam mengerjakan sesuatu.
8.       Kurang peka terhadap perasaan orang lain. kadang saya perlu benar-benar disentil untuk sadar bahwa bukan hanya saya yang punya masalah tapi orang lain
9.       Sering menunjukkan kekhawatiran yang berlebihan. Apalagi terhadap tugas kuliah yang mendekati deadline.
1.   Plan everything but do nothing. Saya punya impian macam-macam, tapi ga berusaha mewujudkannya. Berharap semua akan datang dengan sendirinya
1.   Tidak suka pekerjaan rumah kecuali memasak dan mencuci. Lainnya baru dilakukan jika memang sudah sangat terpaksa
1.   Kurang tegas dalam mengambil sikap.
1.   susah berbicara di forum resmi. Sering grogi dan tidak bisa menguasai situasi
Itu adalah hasil kontemplasi saya sendiri. mungkin masih banyak yang terlewatkan, tapi setidaknya sudah mewakili pribadi saya. Semoga dengan karakter tersebut membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik. Karena baik karakter baik atau pun buruk asal kita bisa mengendalikannya, tidak akan terjadi kemungkinan yang terburuk. 

0 komentar:

Posting Komentar