Rabu, 31 Oktober 2012

Pancarkan Kulit Cantikmu dengan Kebaikan dari Alam

Definisi cantik menurut setiap orang merupakan sebuah relativitas. Banyak orang mulai mempertimbangkan faktor inner beauty dalam menentukan kecantikan seorang wanita. Namun, Sebagai wanita, kita tentu tidak dapat memungkiri pentingnya keindahan tubuh secara fisik. Hal ini bukan berarti kita mengutamakan penampilan luar saja. Lebih dari itu, sebagai upaya merawat hasil pemberian dari Tuhan Yang Maha Kuasa. salah satu wujud syukur kita kepada sang Pencipta adalah dengan menjaga dan memelihara apa yang telah dipercayakan untuk kita.

Aktivitas manusia yang beragam dalam sehari membuat kita harus pintar-pintar dalam menyeimbangkan dengan asupan nutrisi untuk tubuh kita. Kulit sebagai bagian tubuh terluar yang langsung bersentuhan dengan sinar matahari langsung menjadi bagian yang rentan terhadap pengaruh negatif yang ada di sekitar. Misalnya saja pegawai kantor yang seharian menghabiskan waktunya di dalam ruangan berpendingin. Udara yang dihembuskan dari air conditioner menyebabkan kulit kita menjadi kering, kusam, dan tidak bercahaya. Untuk itulah disarankan untuk setidaknya sesekali keluar ruangan untuk menghirup udara segar dan juga mendapat pancaran sinar matahari yang kaya akan vitamin D dan sinar ultraviolet. sebaiknya hal ini dilakukan sekitar pukul 08.00—10.30 agar sinar matahari tidak terlalu menyengat dan merusak lapisan kulit.

Pengalaman inilah yang pernah saya rasakan. Walaupun bukan seorang pegawai, saya merupakan mahasiswa yang selalu dituntut dengan jadwal kuliah yang padat. Hampir setiap hari, sekitar 5-6 jam berada di ruang kuliah yang penuh dengan air conditioner. Sehingga membuat kulit saya kering dan bersisik.Untungnya setiap pergantian jam kuliah masih ada waktu untuk rehat dan menikmati segarnya udara pagi. Lebih baik lagi jika kita melakukan back up kondisi tubuh dengan olaharga pagi secara teratur. Lakukan dengan intensitas ringan saja namun dengan frekuensi yang rutin. Jalan pagi di lingkungan sekitar cukup untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Metabolisme tubuh yang baik tentu berpengaruh pada kesehatan kulit. Keringat yang keluar melalui pori-pori kulit tidak hanya mengandung air dan urea, namun mampu melarutkan kotoran yang ada di lapisan dermis kulit. Selain itu, gizi kulit terjaga dengan pasokan vitamin D dari sinar matahari dan oksigen yang cukup. Kulit kita juga butuh “makanan bergizi” bukan :D

Kondisi lainnya terjadi jika kita adalah pekerja lapangan. Tidak terhindarkan debu, asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan sinar matahari yang berlebihan akan meracuni kulit kita secara perlahan. Banyak sekali faktor yang bisa menimbulkan gangguan sampai penyakit yang mengerikan pada kulit. Sinar matahari yang menyengat mampu memancarkan radiasi yang menyebabkan paparan radikal bebas pada kulit, tak ayal kalau tidak ada perlindungan yang baik akan menyebabkan kanker kulit. Karena fungsinya sebagai indera peraba dan menentukan suhu tubuh, kulit merupakan area yang sangat sensitif. Belum lagi debu, asap kendaraan bermotor dan limbah pabrik efektif mematikan regenerasi sel-sel kulit kita dengan serangan karbon monoksida dan polutan lainnya.


Begitu banyak kondisi yang mengancam kelangsungan hidup kulit, membuat kita harus pintar-pintar dalam mengatur gaya hidup dan pola makan. Jika kita mendengar 2 kata “merawat tubuh”, selalu identik dengan sistem perawatan tubuh dengan peralatan yang canggih dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Buang jauh-jauh anggapan itu. karena jenis perawatan seperti itu tidak jarang mendatangkan efek samping yang lebih besar dibandingkan dengan manfaat yang kita peroleh. Inilah saatnya back to nature! Karena sekarang banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan manfaat yang besar dari kebaikan alam. Ternyata di sekitar kita banyak bahan-bahan alami yang mempunyai khasiat yang berbeda lhooo…

Selanjutnya adalah kita harus memahami siklus kehidupan kulit. satu hal yang pasti, malam hari merupakan waktu yang paling efektif bagi kulit untuk melakukan regenerasi sel-sel kulit mati dan menyerap nutrisi yang baik untuk kulit. jadi pastikan perawatan yang intensif namun ramah terhadap kulit kita lakukan. Misalnya makan buah dan sayur serta memakai lotion yang khusus dipakai ketika malam hari.

Saya juga berusaha untuk menerapkan pola hidup sehat dengan memanfaatkan produk dari alam. Secara rutin saya melakukan perawatan muka sendiri di rumah dengan masker buah ketimun dan tomat. Buah ketimun dan tomat terbukti menyegarkan dan mengencangkan kulit. Nah untuk perawatan kulit tubuh secara kseluruhan saya punya rahasianya. Masih dengan kandungan alami namun sudah dikemas dalam satu produk yang mengandung seluruh kebaikan untuk kulit. Mari kita sambut Citra Night Whitening body lotion.
Pasti semua bertanya-tanya, kenapa harus Citra Night Whitening body lotion? Nah sebelumnya saya akan bertanya dulu, pernahkah kalian membayangkan seluruh nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit terdapat dalam satu produk yang praktis? Begitulah cara kerja Citra. Melalui hasil penelitian oleh para ahli, terpilihlah dua bahan baku pilihan yang telah teruji secara klinis. Penasaran dengan dua bahan baku tersebut? mari kita ulas satu per satu.

Pertama, minyak yang berasal dari biji anggur (grapeseed oil). Sudah sejak zaman dahulu anggur menjadi buah yang terbukti mengandung vitamin C yang setara dengan jeruk. Belum lagi tambahan vitamin A dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan yang hampir sama terdapat di bagian bijinya. Menurut Ahli Kesehatan Gizi Masyarakat Insititut Pertanian Bogor (IPB), minyak ekstrak biji anggur bisa dijadikan formula penguat kolagen yang berfungsi untuk memperbaiki struktur pembuluh darah, sebab di dalamnya ada zat pycnogenol. Antioksidan pada minyak biji anggur mempunyai kualitas 20 x lebih kuat dalam melawan radikal bebas dibandingkan dengan vitamin C dan 50 x lebih kuat dibandingkan dengan vitamin E dan betakaroten.



Selanjutnya adalah buah mulberry. Buah yang bentuk fisiknya mirip dengan buah blackberry ini belum banyak diketahui oleh orang Indonesia. Namun ternyata buah mungil ini mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Buah berwarna merah kehitaman ini kaya akan zat besi yang bagus untuk pembentukan sel darah merah. Setiap 100 gram mulberry terkandung 1,85 mg, 23%dari asupan harian yang direkomendasikan atau cukup memenuhi kebutuhan kulit. Selain itu, mulberry merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan resveratrol yang tinggi, sebuah antioksidan yang juga ditemukan dalam anggur merah. Resveratrol ampuh untuk membersihkan polutan dalam tubuh.

Kedua bahan tersebut diformulasikan secara khusus untuk menutrisi kulit kita. Kenapa harus pada malam hari? Karena pada saat itu kulit melakukan regenerasi sel 2 kali lebih lipat lebih banyak dibandingkan ketika siang hari seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya. selain itu, kondisi tubuh kita yang sedang rileks berpengaruh juga dengan kondisi kulit kita. kulit akan lebih bebas bernafas di malam hari dengan suasana yang sejuk. Inilah faktor utama terciptanya body lotion yang khusus dipakai di malam hari. Citra Night Whitening body lotion mewujudkan mimpi wanita Indonesia yang ingin mendapatkan kulit lebih sehat dan putih berseri selagi mereka terlelap. Formula kedua bahan di atas akan mulai bekerja justru ketika tubuh kita beristirahat. Ajaib bukan? :)


Jadi tunggu apalagi teman? sambut kehadiran seluruh kebaikan untuk kulit yang dipersembahkan oleh Citra. para peneliti mendapatkan kedua bahan ini berdasarkan resep kecantikan yang dimiliki oleh wanita Asia pada umumnya lhoo. Manjakan kulit anda dengan Citra Night Whitening body lotion! Datangi Rumah Cantik Citra terdekat untuk perawatan kulit tubuh anda secara ekslusif :)

Minggu, 14 Oktober 2012

Puisi Cahaya Bulan


Pada akhirnya semua akan tiba pada suatu hari yang biasa.
Pada suatu ketika yang telah lama kita ketahui.
Apakah kau masih sambut dahulu memintaku minum susu.
Sambil membenarkan letak leher kemejaku.
Kabut tipis pun turun pelan-pelan di lembah kasih.
Lembah bandalawangi Kau dan aku tegak berdiri melihat hutan-hutan yang menjadi suram
Meresapi belaian angin yang menjadi dingin Apakah kau masih membelaiku semesra dahulu.
Ketika kudepak, kau dekaplah lebih mesra Lebih dekat.
Apakau kau masih akan berkata Kudengar dekap jantungmu.
Kita begitu berbeda dalam semua Kecuali dalam cinta.
Cahaya bulan menusukku dengan ribuan pertanyaan.
Yg takkan pernah aku tahu dimana jawaban itu.
Bagai letusan berapi bangunkan dari mimpi.
Sudah waktunya berdiri mencari jawaban kegelisahan hati

-Gie-

Trust is Worth

pengalaman ini saya alami sudah cukup lama. namun, prokrastinasi selalu berhasil menguasai jalan pkiran dan emosi saya. Di titik inilah saya mengerti seberapa pentingnya kepercayaan menjadi salah satu titik ukur kredibilitas seseorang. dan selalu guru yang paling hebat adalah pengalaman yang kita alami yang membuat kita semakin dewasa dan memahami bahwa orang akan selalu memegang omongan kita sebagai

alkisah ini berkaitan dengan cerita perjalanan saya kembali ke tanah rantau, Bintaro untuk menyelesaikan persyaratan kelulusan di STAN. tidak seperti biasanya, kali ini saya tidak ikut rombongan besar yang berisi anak-anak Pati. selain itu teman yang sering saya ajak partner-ing setiap perjalanan pulang/balik sudah meninggalkan Pati lebih awal. kebetulan saya tidak bisa bareng dengan mereka karena masih ada acara keluarga keesokan harinya. sebenarnya bukan hal yang baru ketika saya harus menghadapi kenyataan menjadi lone traveler. namun akhirnya ada beberapa yang ikut dengan saya sesuai dengan jadwal keberangkatan yang telah ditetapkan.

ironisnya, saya adalah cewek satu-satunya di antara rombongan yang hanya berempat itu. seperti biasa saya sudah sering berada dalam kondisi seperti itu. tidak cukup sebagai koordinator, saya juga ditunjuk sebagai pengurus tiket mulai dari pemilihan armada, pemesanan sampai pengambilan dengan alasan rumah saya yang paling dekat dengan terminal. oke, make sense sih -__-" terlepas isu gender yaa

status mahasiswa yang erat hubungannya dengan kegiatan penghematan membuat saya selalu punya banyak pertimbangan ketika membuat sebuah pilihan. dengan argumen masih belum terlalu jauh dengan lebaran, armada bus yang biasa saya naiki menetapkan tarif tuslah, lebih mahal dari harga normal. padahal sejurus kemudian saya mencari alternatif lain berharap ada yg lebih murah dan berkualitas. sebenernya kl cuma sendiri justru lebih mudah, kalo membawa amanah orang lain tentu tidak boleh egois kan. akhirnya saya dapat bus yang lebih murah, walaupun cuma beda tipis dengan bus langganan. sebelum memutuskan, saya minta pertimbangan dengan teman yang lain. mungkin inilah the power of talk. karena mereka percaya kepada saya, mereka menyerahkan semuanya kepada saya. awalnya saya biasa saja sebelum saya menyadari rasa bersalah yang sangat ketika membuat sebuah pilihan yang salah.

sebelum itu, saya juga sudah mencederai nama saya sendiri ketika saya tidak jadi memesan bus langganan saya. kenapa? karena sudah seminggu yang lalu saya menghubungi agen dan agak mendesaknya. kl mau cari pembenaran, saya bisa aja bilang agennya kurang profesional karena ga mau memberti tahu tarif sampai hari H dan kursi yang bisa saya pilih. perlakuannya beda sekali ketika kakak atau teman laki-laki saya yang pesan -,- saya tidak mau bersuudzon untuk hal ini. sebenarnya ketika H-1 saya sudah berniat untuk membayar tunai ketiga tiket yang sudah dipesan kemarin. entah berapa pun harganya. karena kami mengejar waktu keberangkatan ke Lebak Bulus. ketika sampai di terminal, saya langsung menuju agen bus tersebut. pegawai agen yang jaga kebetulan sama dengan pegawai yang menjadi contact person pemesanan tiket.
"mbak, saya Milki yang pesen 3 tiket kemarin"
"ooh mbak Milki. iya tiket buat besok harganya 200ribu"
"lah kok masih mahal mbak? emang masih tuslah?"
"ya emang udah harganya segini. coba aja cek di bus lain mbak" (Sambil beneran nyuruh investigasi ke agen lain)

tanpa sepatah kata saya langsung melipir ke agen bus lain. lebih karena masalah ekonomi, bkn krn motif pribadi. di salah satu agen saya mendapat harga 185ribu. tanpa pikir panjang, saya langsung pesan dan bayar di tempat. ketika meninggalkan terminal, tidak sekali pun saya melirik ke agen bus yang sebelumnya tersebut.

di hari keberangkatan

Minggu, 16 September 2012

Saya Warga Pati


Dua puluh tahun lebih saya tinggal di Pati, kota yang mempunyai kombinasi tipologi yang lengkap - Pantai di sebelah utara dan dataran tinggi di sebelah barat- dengan infrastruktur yang setidaknya sudah memenuhi standar kabupaten di Pulau Jawa. Terlepas hanya merupakan sebuah formalitas pemenuhan fungsi birokrasi saja.  tidak bisa dipungkiri bahwa Pati hanya berstatus kota kecil di hamparan pesisir pantai utara Jawa. melihat kenyataan seperti ini, saya selalu menggerutu pada diri sendiri "kenapa harus lahir dan besar di kota ini?" seiring berjalannya waktu pencitraan kota Pati menjadi sebuah ironi.



kami sebagai warga pati jujur merasa bangga jika ada beberapa orang yang menyebut-nyebut nama Pati, apalagi dilakukan oleh media massa. menjadi sebuah kebanggaan bagi kami bila di media cetak atau elektronik menyebut nama Pati. otomatis kami langsung mengekspresikannya lewat media sosial "eh Pati disebut-sebut lho disini".



contoh

@detikcom: Soimah lahir di Pati dan besar di Jogja
@mlkzza: wow Pati punya artis juga lho RT @detikcom: Soimah lahir di Pati dan besar di Jogja


@metro_TV: angin puting beliung rusak ratusan rumah di Pati

@mlkzza: Pati bisa kena angin ribut jg ya  RT @metro_TV: angin puting beliung rusak ratusan rumah di Pati


contoh kedua itu lebih kepada keheranan daripada ekspresi simpatik. survey membuktikan sebagian besar berita dan artikel yang mencatut nama Kabupaten Pati bernada negatif, misalnya angin puting beliung di Kecamatan Kayen yang merusak rumah-rumah warga, Kekeringan yang melanda di beberapa kecamatan, banjir, dan yang paling ektrim adalah berita mengenai geng motor yang melakukan penganiayaan terhadap anak sekolah beberapa waktu yang lalu.



yah mungkin bisa dibilang kami terlalu menjunjung tinggi ego kedaerahan. toh menurut saya sah-sah saja asalkan masih dalam tahap wajar karena kami bukan bermaksud memamerkan Pati sebagai kota yang "wah" dibanding yang lain. justru sebaliknya sejujurnya ini lebih kepada usaha pengenalan daerah yang terbilang asing di telinga khalayak umum. saya hampir selalu menemui keadaan dimana orang benar-benar tidak tahu lokasi Kabupaten Pati. masih mending jika mereka masih bingung apakah Pati berada di Jawa Timur dan Jawa Tengah karena secara geografis Kabupaten Pati berada di Pantai utara Jawa Tengah sebelah timur yang hanya beberapa puluh kilometer dari batas wilayah Jawa Timur. lalu ada beberapa orang yang justru meragukan keberadaan Pati di tanah Jawa.



contoh 1

A: "Hai, salam kenal. aku Milki"
B: "Halo Milki. aku Reni"
A: "Reni dari mana asalnya?"
B: "Aku dari Solo (masih mainstream). Milki darimana?
A: "Pati"
...... (hening beberapa detik)
B: "Pati itu dimana ya?
A: ....


kondisi seperti inilah yang sering saya alami ketika bertemu dengan orang baru. dan sering berakhir dengan penjelasan panjang saya mengenai letak gegrafis pati beserta batas-batasnya. atau mentoknya saya menyebutkan kota besar yang berada di dekatnya, seperti Kudus, Jepara, Semarang. well ironi :o



sebenarnya hal tersbeut tidak terlalu material jika profil Kabupaten Pati sudah terkenal baik. memang tidak dipungkiri fakta menyatakan bahwa Pati mempunyai prestasi yang membanggakan dengan menyabet gelar Kota Kecil Terbersih beberapa tahun berturut-turut. bukannya saya merendahkan atau meremehkan, toh hal itu relatif dan bukannya kandidatnya cm beberapa. it was just little effort to get the title. hanya sebuah formalitas.



gaung dari Adipura itu pun kalah dengan predikat Pati sebagai Kota Ter-Dukun dan Kota Ter-Karaoke. coba saja ketika anda kebetulan bersafari di pantai ura Jawa dan melewati Pati. baru memasuki tapal batas Kabupaten saja anda bakal disambut deretan karaoke dengan papan nama yang disponsori oleh minuman alkohol dengan merk sejenis. tentu lah ini bukan karaoke keluarga seperti Happy Puppy atau Inul Vista. tampak luar dengan pencahayaan seadanya membuat kesan nakal itu semakin menjadi. entah memang begitu adanya template bangunan karaoke plus plus yang disepakati, dari pintu depan terlihat tidak ada aktivitas yang berarti. entah bagaimana di dalam. alhamdulillah saya belum pernah masuk.



hal ini tidak hanya mencederai moralitas warga Pati, tapi juga tingkat keamanan dan kenyamanan. bayangkan saja siapa yang berani melewati jalan tersebut kalo sendirian. bukan hanya karena banyak wanita2, tapi juga para penjaja dan penjaga yang sebagian besar berpenampilan seperti preman. belum lagi kos-kosan yang khusus dihuni oleh wanita-wanita pekerja karaoke. bukan hal yang baru kalau kos-kosan tersebut dijadikan basecamp dan tempat usaha part time para penghuninya. pernah terjadi beberapa kali perkelahian dan tawuran yang brujung dengan kematian. ada sebuah karaoke di pusat kota yang bertitel karaoke keluarga. saya yang hobi main2 pun pernah terbersit keinginan untuk mencoba. namun segera disadarkan oleh pengalaman teman. dia bersama 6 orang lainnya yang kebetulan cowok semua pernah masuk dan langsung ditawari oleh PK (Pemandu Karaoke) disana. Naudzubillah



lain lagi halnya dengan predikat Kota Ter-Dukun. memang kuantitas tidak sebanyak tempat karaoke, namun kemasyuran nya sudah melanglang buana kemana-mana. ada beberapa Padepokan spiritual yang menjual benda-benda berbau magis yang letaknya di daerah kota. banyak yang minta pertolongan supaya bisnisnya lancar, sukses ujian, tambah cantik/ganteng, hingga kadang2 menyelesaikan masalah. untuk poin terakhir bisa jadi dukun/paranormal menggunakan santet untuk menyiksa orang yang tidak disukai kliennya. Setan memang bisa mengganggu manusia dalam banyak rupa. kita yang harus menebalkan iman dan tentu menjaga hubungan baik dengan orang lain. hablum minallah dan hablum minannas harus selalu dijunjung tinggi.



nama Bos Edi, Jeng Har, Imam Suroso sudah terkenal di kalangan warga Pati. saya yang ga habis pikir, kegiatan konyol macam itu kenapa masih banyak yg percaya dan menggantungkan nasibnya? bagaimana tidak? buktinya, mereka makin lama makin kaya dan mampu memperluas usahanya dengan bikin radio, beli rumah sakit, dll. astaga, keep your sense. itu pekerjaan setan. kita hanya boleh berharap dan pasrah kepada Allah. namun sebelum itu kita harus bekerja keras dalam hal kebaikan. Allah tidak akan mengubah nasib kaumnya kecuali mereka sendiri yang mengubah apa apa yang ada di diri mereka.



bukan seorang warga yang baik jika dia membuka aib tanah kelahirannya sendiri. namun sebagai pribadi yang punya harapan besar untuk kemajuan daerahnya, ini adalah sebuah bentuk cinta dan perhatian yang lebih untuk kebaikan semua. hanya berharap Pati bisa memberi teladan yang baik untuk warganya. hal ini tentu hanya bisa dilakukan dengan kerjasama yang baik antara pemerintah dan warga. Karaoke dan padepokan menambah penerimaan daerah? toh kita bs mencari usaha lain yang lebih barokah. itulah pr pemerintah. menciptakan lapangan kerja yang amanah dan mempunyai prospek cerah. bukan hanya materi tapi bagaimana memberi pelajaran dgn anak cucu kelak bahwa kita bekerja untuk mencari ridhoNya melalui rezeki yang halal dan memberi manfaat kepada orang lain. semoga hal itu bisa terwujud



terlepas dari itu, saya masih mencintai Pati dengan pesona alamnya dan keramahan warganya :)






Senin, 06 Agustus 2012

Harapan Adalah Doa

Semoga Allah mengizinkan engkau menjadi istriku nanti, Mil
aamiin :)) 
Mari kita sama-sama memantaskan diri dulu yaa. awal yang baik harus berakhir dengan baik pula. terlepas "baik" yang seperti apa :)

Minggu, 05 Agustus 2012

Sebatas Kata 3

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian
-Pramoedya Ananta Toer- 

Jumat, 27 Juli 2012

Sebatas Kata 2

"Nak, pernahkah kau berpikir bahwa hidup ini bukan soal pilihan? karena jika hidup hanya sebatas pilihan, bagaimana caranya kau akan melanjutkan hidupmu, jika ternyata kau adalah pilihan kedua atau berikutnya bagi orang pilihan pertamamu?"

-Tere Liye- Berjuta Rasanya- 

Rabu, 25 Juli 2012

The Meaning Of Ijab

Saat akad nikah : "aku terima nikah nya si dia binti ayah si dia dgn Mas kawin......."
Singkat, padat, dan jelas.
Tapi tahukah makna dalam "perjanjian/ikrar" tersebut?



"Maka aku tanggung dosa-dosanya si dia dari orang tua nya, dosa apa saja yg telah dia lakukan dari tidak menutup aurat hingga meninggalkan sholat. Semua yg berhubungan dengan si dia, aku tanggung dan bukan lagi orang tua nya yang menanggung, serta akan aku tanggung semua dosa calon anak-anakku".

Jika aku GAGAL?

"Maka aku adalah suami yang fasik, ingkar, dan rela masuk neraka, aku rela malaikat menyiksaku hingga hancur tubuhku'' (HR. Muslim).
------------
Duhai para istri,
Begitu berat nya pengorbanan suami mu terhadapmu..
Karena saat Ijab terucap,
Arsy-Nya berguncang karena beratnya perjanjian yg dibuat oleh manusia di depan RABB nya,
Dengan disaksikan para malaikat dan manusia,
maka andai saja kau menghisap darah dan nanah dari hidung suamimu,
maka itu pun belum cukup untuk menebus semua pengorbanan suami kepadamu.

*wahai calon suamiku kelak, kamu sudah membacanya kan? semoga kamu selalu diberkahi dan mempunyai komitmen untuk membawa keluarga bersama ke surga :)

Selasa, 24 Juli 2012

Sebatas Kata

Hal yang menyakitkan adalah hal yang semakin mendewasakan diri

Senin, 23 Juli 2012

Love Meets Logic

thanks for loving and being loved, I must be blessed
anugerah terbesar tentu jika kita dicintai oleh Allah sebagaimana kita mencintaiNya

saya pun belum menjadi manusia yang lebih baik, mengapa harus menuntut orang untuk jadi lebih baik? live my own life well, then mind the other's. toh arti baik itu pun sangat universal. asal tidak merugikan orang lain dan tidak menghancurkan diri sendiri, itu sudah termasuk baik bukan?. namun definisi lebih baik itu menjadi sangat sempit bagi seorang Milki. baik dalam arti yang bersikap seperti ini, tidak pernah melakukan itu, bertutur kata seperti ini, punya itu, mampu mencapai ini dan itu. dan Milki menjadi orang paling egois penuntut di dunia ini. saya sadar itu
"Aku tidak mungkin membuat orang menunggu selama itu dengan tingkat kepastian yang bahkan aku sendiri tidak bisa memastikannya"

selalu kalimat itu yang tidak pernah lepas dari pikiran ketika sedang berpikir tentang masa depan. dan hampir setiap waktu saya memikirkan kabar masa depan saya nanti. ketika saya memintanya memenuhi kriteria tertentu, berarti saya juga harus siap berubah. lalu apa yang sudah saya persiapkan? nothing. it seems more unfair. 

"i'm preparing myself to accept person who suits me well. i have no idea whether he really suits me or not"

"bukankah memang di dalam hubungan interpersonal selalu ada ketidakadilan?Di dalam teamwork, selalu ada anggota yang menonjol dalam tim. Di dalam keluarga, selalu ada yang menjadi tulang punggung penghidupan dan imam. dua hal yang serupa tapi tidak sama. yang pertama adalah murni karena kemampuannya. yang kedua karena memang sudah jadi hukum Allah kalau suami selalu yang lebih tinggi posisinya, walaupun dengan istri sehebat apa pun di luar sana. dia tetaplah wanita yang harus selalu siap melayani dan patuh jika di rumah.

pernah seorang teman berkata
"wanita memang seharusnya menjadi seorang pemilih Mil. karena kewajibannya setelah itu adalah mengabdi. pertaruhannya sangat besar. dan itu bukan main-main. kita analogikan dengan cerita burung manyar yang dulu pernah aku ceritain"

saya benar-benar paham dengan hal itu. namun ternyata tidak sesederhana yang dibayangkan. jika ada tagline sinetron "kita bisa hidup hanya dengan cinta", mungkin itu satu banding satu juta orang yang ada di bumi. dari tiap tiap itu mungkin hanya sepersekian yang mendapatkan kebahagiaan yang abadi. saya memang konservatif. atau termasuk orang yang hanya cari aman? entahlah

tidak bisa menutup mata antara batasan perasaan dan logika. namun saya tidak bisa membedakan mana yang lebih besar proporsinya. mungkin karena terbawa gen ibu yang selalu ingin tahu latar belakang orang yang dikenal, saya jadi ikut concern dgn urusan pribadi orang lain. bagaimana keluarganya? kerja dimana? punya kakak adik berapa? itu pendukung. yang utama jelas mengenai tingkat pengetahuan agamanya. lalu pendidikan formalnya. lalu sifat dan wataknya. baru latar belakang keluarga. family matter is great, right? when we marry, we will embrace two family in a unity.

semoga saya bukan termasuk golongan orang-orang yang selalu berpikiran buruk. 

akhirnya
"kalau berjodoh pasti akan dipertemukan kembali dengan keadaan yang telah membuat kalian yakin satu sama lain. tidak ada lagi keraguan"

itu pesan singkat penutup teman yang saya ingat.

atau

"we deserved each the better one" 





Sabtu, 14 Juli 2012

Competence and Courage


ketika pulang untuk studi lapangan, saya berkesempatan berlatih menyetir lagi. padahal hanya mobil matic, masih belum bisa menyesuaikan dan memberanikan diri. bingung ketika diminta harus memperhatikan kaca spion kanan, kiri, dan atas. kalau akan belok kiri, kita harus memperhatikan kaca spion sebelah kiri untuk mengantisipasi datangnya motor atau mobil yang menyerobot tiba-tiba. begitu juga sebaliknya. belum lagi ketika berencana untuk mendahului, jangan asal menyalip tanpa strategi dan nyali yang kuat. pernah suatu hari saya dan mas disetirin oleh ibuk yang notabene juga seorang newbie di bidang per-kemudi-an hampir menabrak truk gandeng ketika sedang menyalip. dalam hal ini ibu sudah memiliki keberanian namun belum cukup kemampuan. alhamdulillah ketika itu mas dengan sigap meminta beliau untuk minggir dan bergantian posisi. untungnya saya sedikit lebih mahir daripada ibu. itu bukan penilaian subjektif karena ini hasil dari pendapat Bapak dan mas-mas saya yang setia menjadi pelatih :)


menurut saya, kompetensi dan keberanian merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan terutama dalam hal berkendara. awalnya kita harus mengerti dasar-dasar pengetahuan tentang bagaimana berkendara yang baik di jalan, termasuk ilmu tentang komponen apa saja yang harus kita perhatikan ketika kita duduk di belakang kemudi. selanjutnya, kita tidak akan mampu untuk terjun langsung ke lapangan jika tidak mempunyai keberanian dan jiwa 'nekat'. ketiga mas saya mahir nyetir mobil karena terbiasa berlatih dan gagal. dengan kegagalannya itu justru membuat mereka nothing to lose dan semakin 'nekat'. akhirnya mereka menemukan pola terbaik untuk meminimalisasi kegagalan itu. seperti resiko, kita tidak bisa menghilangkan sepenuhnya, tapi bisa dikurangi sebisa mungkin.


sementara saya sendiri masih setengah setengah. kompetensi ya seadanya, keberanian ya masih setengah hati. keberanian yang berlebihan akan membuat sifat angkuh. peraturan di jalanan adalah kita tidak boleh mau menang sendiri. hargai pengguna jalan yang lain. tapi masih seringkali kesal dengan ulah pengendara motor yang berjalan di tengah dan tidak bergeming atau mobil yang tidak rela untuk disalip tapi kecepatannya nanggung. pengguna jalan iu harus rendah hati walaupun dia sudah menguasai skill mengemudi dengan baik:) 


sebenarnya pengen juga belajar mobil yang manual, tapi kata Bapak belum saatnya. padahal baru disebut mobil yang ada koplingnya. kl cuma gas dan rem apa bedanya sama motor, tidak menantang. tapi karena Bapak yang bilang ya sendhiko dhawuh saja. toh yang matic aja belum mahir-mahir banget. masih sering kaget dengan bunyi klakson mobil di belakang padahal itu di posisi lampu merah yang belum ada sedetik 'menghijau' sekedar mengingatkan, klakson tidak akan membuat lampu merah seketika berubah hijau :l satu lagi hal yang masih butuh pengalaman adalah pada saat memarkir mobil. saya benar-benar belum bisa memperkirakan seberapa panjang dan lebar mobil ini untuk diberikan ruang yang ckup untuk parkir. ini biasanya terjadi ketika parkir di mall yang penuh. saya menyerah dan langsung diambil alih mas. belum lagi ada parkir yang muter-muter ke atas. 


entah melihat begitu kerasnya saya berlatih atau begitu kerasnya rengekan saya untuk segera mendapat legalitas mengemudi, Bapak memperbolehkan saya membuat SIM C. meskipun bukan melalui tes mengemudi, insya Allah saya siap jadi supir untuk medan-medan yang tidak terlalu sulit. saya selalu menjadi tandem untuk Ibu yang tekadnya lebih besar untuk bisa mandiri lagi memenuhi kebutuhan rekreatif tanpa bergantung dengan Bapak dan mas. saya turut bangga Ibu menjadi satu-satunya guru perempuan di sekolahnya yang bisa mengemudi, walaupun masih dag dig dug juga :B kami hanya butuh sedikit polesan untuk membuat skill mengemudi lebih meningkat. asal tekad itu ga kendor. practice makes perfect :)


SIM itu merupakan kebanggan sekaligus tanggung jawab yang besar untuk mengemudi dengan lebih berbudi dan rendah hati, betul? :)

Selasa, 26 Juni 2012

Ain't it?


“Sejatinya, rasa suka tidak perlu diumbar, ditulis, apalagi kaupamer-pamerkan. Semakin sering kau mengatakannya, jangan-jangan dia semakin hambar, jangan-jangan kita mengatakannya hanya karena untuk menyugesti, bertanya pada diri sendiri, apa memang sesuka itu.”
Jadi berhentilah 'memamerkan' perasaan di fecabook, twitter, apalagi kalau sejenis perasaan gombal sahaja. Mending dipamerkan langsung ke Ibu, Bapak, kakak, adik, rasa sayang yg sejati.


—Tere Liye (separuh quote dari novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah)

Senin, 25 Juni 2012

Rindu Untuk Angin


inginku berada di pangkuanmu, sekarang. walau selama ini tak pernah sekali pun aku bermanja-manja kepadamu, . inginku mencium pipimu yang tidak semulus dulu, tapi aku suka. KepadaNya aku selalu meminta agar kamu terus berbahagia meskipun setiap hari harus menghadapi bocah perempuan yang seharusnya sudah beranjak dewasa lahir dan bati seperti akun. KepadaNya aku meminta pelangi akan selalu menyinari hatimu yang mendung karena kelakuanku yang kadang keterlaluan. KepadaNya aku meminta agar jangan Engkau ambil dulu kamu sebelum aku mampu mengganti perjuangan dan penderitaan dengan senyuman yang tak akan terhempas oleh waktu. bisa saja aku menggelapkan malam karena memetik bintang dan bulan hanya untukmu, tapi aku tahu bukan itu yang kamu. bertanya dalam hati "pernahkah dia bersandar kepadaku ketika letih?" "pernahkah dia menangis di depanku?" bahkan tidak sedikit pun rona wajahmu yang cerah itu memudar. entahlah ketika ku berpaling, mungkin bulir-bulir airrmata itu akan turun dalam keheningan. kamu tidak hidup untuk dirimu sendiri, untuk aku, dan empat orang lain yang juga lahir dari rahimmu, serta dia yang menjadi pasangan berbagi hidup dan pemenuh separuh agamamu. aku tidak pernah bercerita mengenai hati kepadamu. tidak pernah juga aku datang ke kamarmu pkl 12 malam hanya untuk mengucapkan selamat ulang tahun. karena memang hal ini masih tabu di antara kita. tapi aku yakin kamu akan selalu memahamiku tentang cita, cinta, dan harapan. karena kita satu. 



aku tidak mau melihatmu menangis lagi walau hanya dalam diam. aku rindu, rindu sekali aku ingin pulang walau hanya untuk meneruskan rindu ini kepadamu. bahkan jika hal itu tidak mungkin, aku akan menangkap angin dan membisikkannya kalau aku akan selalu mencintaimu, dulu sekarang dan seterusnya.


Ibu, Ibu, Ibu


dari orang yang selalu membuatmu menangis 

Dunia yang Lengang


sebuah usaha, agar orang-orang
lebih banyak bicara dengan mata,
pemerintah membuat aturan ketat.
setiap orang hanya berhak memakai
seratus tiga puluh kata per hari, pas.

jika telepon berdering, aku meletakkan
gagangnya di telingaku tanpa menyebut halo.
di restoran aku menggunakan jari telunjuk
memesan mi atau coto makassar. aku secermat
mungkin melatih diri patuh aturan dan berhemat.

tengah malam, aku telepon nomor kekasihku
di jakarta, dengan bangga aku bilang kepadanya:
aku menggunakan delapan puluh sembilan
kata hari ini. sisanya kusimpan untukmu.

jika ia tak menjawab, aku tahu, pasti
ia telah menghabiskan semua jatahnya,
maka aku pelan-pelan berbisik: aku
mencintaimu. sebanyak lima belas kali.

setelah itu, kami hanya duduk membiarkan
gagang telepon di telinga kami dan saling
mendengar dengus napas masing-masing.

source: puisi-puisi cinta yang berharap bisa memeluk kamu segera (hurufkecil.wordpress.com)
berharap bisa menyusun prosa yang tidak hanya indah dirangkai, tapi jg dimaknai dg sungguh

Sabtu, 23 Juni 2012

Tiny Free

Gunungrowo, 22 Juni 2012
karena dunia terlalu luas untuk dinikmati sendiri
karena waktu terlalu lama untuk orang yang tidak bisa memanfaatkannya
karena kenangan terlalu berharga jika harus terbuang sia-sia
sempatkanlah sejenak untuk memberikan penghargaan untuk diri sendiri
accept love, bring and give love each other 
semoga saat itu lah kita sampai dalam keseimbangan hidup
ketika kita mampu memberi dan menerima
tidak hanya menuntut orang lain

just spare little space for you and enormous space for others who cares of you

Rabu, 20 Juni 2012

milky chocholate

i'm on the cotton flake-carpet, a bride's way to the beautiful aisle :3

with my partner in crime. this is the grou on the behalf of my aunt's niece


everyone says that i have been inherited my mother's wide face. do you agree? :o

this is the most beautiful and fabulous wedding party i've ever attended. best hope for the both bridegroom, Irfan-Fitri becoming sakinah, mawwadah, warrahmah. aamiin :)

Kamis, 14 Juni 2012

My First Employee-to-be Experience

pukul 06.30 saya sudah rapi mengenakan kemeja putih polos fresh from iron 10 menit yang lalu, begitu pula dengan rok dan jilbab. hari ini penanda salah satu fase terpenting dalam timeline hidup saya, jadi sebisa mungkin tampil sempurna. ya, hari ini adalah hari pertama saya menjalani studi lapangan yang merupakan syarat kelulusan tingkat akhir selama tiga tahun menimba ilmu di STAN. saya tidak pernah berhenti bersyukur belajar di STAN. it really suits me :)


pukul 07.00 saya sudah sampai di kantor Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, tempat saya belajar menjadi pegawai sekalius mencari data untuk tugas akhir selama satu bulan. dan apa yang saya dapati disana pada jam tersebut? kosong, sunyi, senyap. bukti nyata adalah lahan parkir yang masih 'suci' dari kendaraan bermotor. fyi, apel pagi setiap hari jam 7.15. kemudian dalam hati berpikir, apakah nanti saya juga bertingkah seperti ini? awalnya menjunjung tinggi integritas, namun ujung-ujungnya takluk juga dengan konvensi mayoritas o.O

jujur saya pun berpikiran seperti mereka. tapi kemudian saya berkaca. "kamu itu masih anak pkl. magang juga belum. wis arep neko-neko" dan saya berhasil membangun citra sebagai mahasiswa stulap yang lumayan rajin. menurut saya pencitraan itu penting untuk hubungan antar pegawai di kantor. asal tidak berlebihan lalu jaga image (jaim)

apel pagi pukul 7.15 mengingatkan saya dengan upacara bendera di sekolah, bedanya adalah durasinya tidak ada spersepuluh ketika di sma dan tidak ada pengumuman-pengumuman layaknya masa putih abu-abu. anak stulap membentuk barisan penutup untuk jajaran pegawai. dan waala 5 menit sudah dialokasikan untuk membaca doa dan laporan. tanpa penghormatan, bubar jalan! yaak, semua kembali ke kandang masing-masing.

awalnya selama tiga hari kami mendapat mandat langsung dari kepala DPPKAD untuk mempelajari dan memahami penyusunan APBD di bagian anggaran. eh di ruangan yang bisa menampung 8 orang hanya ditempati oleh 3 orang yang baca koran dan nonton tv. mungkin ini bentuk penyegaran kembali pikiran setelah sebelumnya hectic dengan tetek bengek APBD. entah kami beruntung atau buntung datang di saat time line program kerja tidak sedang padat-padatnya. aktivitas hanya berputar-putar soal administrasi, surat masuk keluar. melayani data bidang lain. dan salah satu pegawai, Ibu Adma "kami juga menampung semua kemarahan bidang lain" :o

judulnya adalah studi lapangan. tujuannya adalah membiasakan iklim bekerja dan bersosialisasi dengan banyak orang dan mencari data tentu. faktanya: kami langsung diberi setumpuk permendagri, peraturan daerah, peraturan bupati, keputusan bupati, dan APBD tahun 2012 beserta penjabarannya yang lebih mirip ensiklopi /buku pintar sejagad o.O intinya adalah disana mereka dengan senang hati dan tanggap melayani pertanyaan, keusilan, kehebohan, kebingungan kami. lalu mencari data yang kami butuhkan dari lemari yang satu ke yang lain. they are so cool.

speaking of bagian anggaran, pernah ada cerita yang misti sekaligus ngeri. jadi di ruangan yang tidak begitu luas itu, keempat orang itu menggodok anggaran seluruh dinas sekabupaten pati. bayangkan sekrusial apa peranan mereka untuk perekonomian di Pati. semua pendapatan dan belanja yang akan dilaksanakan harus melalui pembahasan yang intensif oleh mereka bersama TAPD (Tim APBD) yang terdiri dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Bapeda, Inspektorat, asisten hukum. tentu tidak sedikit pihak yang menaruh curiga bahkan rasa kesal jika RAPBD yang mereka susun tidak sesuai terutama jika dipangkas cukup signifikan. ada yang memakai jalur tidak fair, mengirim ilmu ilmu yang membuat orang tidak bisa beraktivitas seperti biasa. misal dulu kabid anggaran pernah sakit agak lama yang tidak diketahui penyebabnya. naudzubillah min dzalik

kami di sana bukannya malah membantu pekerjaan mereka, justru malah merepotkan. entah saya melihat mereka begitu menyambut baik kedatangan kami. pasokan jajan tiap hari, obrolan ringan, gurauan usil, godaan kecil adalah insentif bagi kami yang tidak berkontribusi apa-apa untuk kantor. tapi saya selalu ingat perkataan seseorang. " tujuan utama stulap itu bersosialisasi dan beradaptasi dengan suasana kantor agar kelak tidak kaget" :')

stigma fotokopi dan bikin kopi menjadi tugas kami sehari hari tidak begitu berlaku. mereka menghargai kami sebagai tenaga di bidang akuntansi. jadi tugas yang diberikan minimal mengetik dan review beberapa kasus. pernah saya akan diajak ke Tayu untuk ikut pembahasan maslaah dana bergulir yang menjadi salah satu temuan BPK di LHP 2011. pembahasan itu adalah tindak lanjut yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Pati melalui DPPKAD. semoga saya benar-benar diajak. menguping rapat kasi saya yang sekarang, bidang pembiayaan dan bantuan keuangan, sudah membuat saya penasaran akan mekanisme kerja mereka. apalagi terlibat langsung di dalamnya. walaupun ilmu masih cetek. sebisa mungkin pengen banget paling ga bersuara di forum

sayangnya samapai sekarang saya belum dapat data. bukan karena dihambat, tapi justrui saya bingung. data apa saja yang dibutuhkan, bagaimana mengolahnya, batasan maslaahnya samapi dimana. semua pertanyaan itu memenuhi kepala saya. semoga sebentar lagi dapat pencerahan. tidak mau membuang kesempatan yang berharga ini. ayo ayo mil semangaaat! masih 3 minggu lagi. semoga sugesti 3 minggu lagi adalah waktu yang sempit masih efektif. ga ga lagi jadi deadliner. bismillah :)

Minggu, 03 Juni 2012

Nama Kami Makhluk Bengkel


Meninggalkan goresan tinta pada jejak memori.
Mengurai cita-cita, mengerling pada mimpi
Belajar sekaligus memberikan pelajaran
Mengukir karya dalam kebenaran


Terima kasih atas hari-hari sederhana yang melelahkan namun memberi bahagia


#13, Selamat melangkah ke fase selanjutnya
Semoga langkah kalian selalu ringan terasa


#14, #15, terima kasih untuk untaian kata yang sederhana namun bermakna ini. semakin menyadarkan saya bahwa saya belum berbuat apa-apa untuk kalian. kalaupun dibilang acuh, itu tidak lain karena saya merasa tidak punya ilmu yang memadai untuk dibagi. justru dari awal, saya melihat kalian adalah bibit-bibit yang sedang berproses. saya pun tak lupa mengucapkan selamat melangkah ke fase selanjutnya!, fase krusial dalam tiga tahun merajut asa di bengkel tercinta. fase dimana kalian harus tegak berdiri sendiri menjalankan kapal yang entah sampai kapan bisa berlayar. kecil kemungkinan ada tambahan awak kapal yang membantu, maka kalian adalah satu. satu nahkoda. yakinlah bahwa kemampuan untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan membangun fondasi bengkel lebih kuat lagi. komunikasi jangan pernah putus agar ikatan itu tidak longgar.

walaupun saya tidak berkontribusi apa-apa untuk pengembangan diri kalian, saya hanya menitipkan sebuah pesan "Jangan jadikan bengkel sebagai tempat bekerja. perlakukanlah layaknya tempat untuk kembali kapan pun kalian sedang ingin menangis dan tertawa. sempatkanlah kesana walaupun hanya sekedar meninggalkan jejak di bucur :))"


Rabu, 23 Mei 2012

Lost in Iceland

Rabu (23/5) kemarin, saya berencana menjalankan tugas "negara" bersama Ukh Euis dan Akh Tendi. tugas negara yang seharusnya sudah kami jalankan beberapa bulan yang lalu menurut lini masa yang sudah kami sepakati bersama para petinggi negara. "negara" disini yang saya maksud tentu tempat kami menyalurkan hobi, passion, semangat, kegalauan sekaligus menjalankan kewajiban tanpa ikatan resmi yang tersurat, sebut saja Media Center aka bengkel. tujuan kami awalnya adalah Pengadilan Pajak untuk keperluan salah satu produk bengkel (yang sampai sekarang masih dirahasiakan jadwal launching nya :3) 

namun seperti biasa, manusia hanya bisa berencana Allah yang menentukan. kami mencoba menghubungi bagian umum, ternyata kami belum dapat izin akses ke persidangan dan wawancara narasumber yang terkait dengan tema liputan produk. what a well planned day! -_- padahal dalam hati senang bukan main karena ga perlu panas-panasan mengarungi samudera kepenatan ibukota. i'm a journalist in mood! -_-

Singkat cerita, kami sudah dalam angkot c05 menuju rel kereta api. Jurnalis pun harus kreatif. kami memutuskan untuk mencari objek berita yang menarik dan bisa dijadikan feature news (bohong). sejujurnya selagi masih ada waktu untuk main kenapa engga? Euis berhasil membujuk saya dan Tendi untuk ke TA. bukan Tanah Abang, melainkan Taman Anggrek. ya Mall Taman Anggrek. Kebetulan saya belum pernah ke sana sebelumnya. Pas sekali Tendi bawa kamera bagus. Ini lah yang dinamakan guilty pleasure. menikmati kesalahan yang harusnya tidak kita lakukan. fix, kami melepas atribut jurnalis dan bersikap seperti traveler pada umumnya. escaped traveler!

di rel kereta api, kami naik metro mini 71 trayek Bintaro-Blok M. angkutan umum yang paling saya hindari. tidak ada pilihan lain untuk yang masih sayang isi kantong sendiri. perjalanan ke Blok M rata-rata 1 jam untuk kondisi jalan ramai lancar. selanjutnya kami naik Transjakarta menuju halte transit ke rute busway berikutnya. hampir 1 jam sebelum kami sampai ke halte transit, Harmoni. hanya satu hal yang tidak saya suka tentang busway adalah berjalan di koridornya. dari harmoni kami pindah jalur ke rute yang menuju ke Tomang. kali ini tidak sampai setengah jam . sampailah kami tepat di depan antara Taman Anggrek dan Central Park. total laUrban City, Urban People. what a life -,-

jadi apa tujuan kita ke TA? tentu saja ke hal yang paling dikenal di sana. yes, i'm gonna ice skating :))
ceritanya, kami bertiga sudah sepakat untuk ice skating bareng. ternyata Akh Ten gajadi ikut dan cuma jadi fotografer pro untuk saya dan Euis. Alasan diterima. hoho. masalah baru muncul. kalau cuma kami berdua yang main, sama seperti orang buta nuntun orang buta dong -___- this is our debut. dan kami nekat, yang penting percaya diri. 


masuk sky ink. sepatu rasanya seperti jalan sendiri. praktis, saya langsung menggenggam erat pegangan tangan yang dipasang di sekeliling area skate. feels like you'll gonna slip when you step on an inch. untung saya lebih nekat daripada Euis. dia masih terbata-bata jalan dengan berpegangan, saya sudah mulai belajar keseimbangan. ohiya disini saya benar-benar bertemu teman baru seperti tagline sky rink ini "Meet New Friends" namanya Rosi. dia yang mengajari saya untuk berani melangkah dan jangan takut jatuh. pelajaran pertama yang saya dapat adalah jangan bergantung dengan orang lain. karena kalau berlatih dengan dituntun terus menerus, kita tidak akan bisa lancar. saya mempraktikkannya. ok samapi sekarang step by step berjalan mulus. abaikan orang yang melihatmu seperti orang bodoh. we have lived by learning, right? no matter what.


hampir 2 jam kami seperti bayi yang baru mulai belajar berjalan. tidak lupa Tendi dengan sigap mengambil setiap momen kekonyolan dan kepanikan kami. tambah panik lagi ketika tahu bahwa Tendi tidak akan pulang bersama kami. omo, mau nyasar sampai dimana kalau cuma kami berdua. 

alhamdulillah Akh Ten mengurungkan niatnya. dan kami pulang dengan selamat :) jadi apa yang kami dapat hari ini? kerja sama, kepercayaan diri, dan teman baru :)

fyi, ini kali pertama day's out dengan mabeng. semoga akan ada kali-kali berikutnya (y) 



Sabtu, 28 April 2012

Lullaby


They're really charming, aren't they? seeing them sleep tight make me gets boosted and energizing. when they awake, there's always no peace. quarrel all the time. just see me in the past look :)

How much do we have left?

I'm fifteen for a moment
Caught in between ten and twenty
And I'm just dreaming
Counting the ways to where you are
I'm twenty two for a moment
She feels better than ever
And we're on fire
Making our way back from Mars
Fifteen there's still time for you
Time to buy and time to lose
Fifteen, there's never a wish better than this
When you only got hundred years to live
I'm thirty three for a moment
Still the man, but you see I'm of age
A kid on the way
A family on my mind
I'm forty five for a moment
The sea is high
And I'm heading into a crisis
Chasing the years of my life
Fifteen there's still time for you
Time to buy, time to lose yourself
Within a morning star
Fifteen I'm all right with you
Fifteen, there's never a wish better than this
When you only got hundred years to live
Half time goes by
Suddenly you're wise
Another blink of an eye
Sixty seven is gone
The sun is getting high
We're moving on
I'm ninety nine for a moment
Dying for just another moment
And I'm just dreaming
Counting the ways to where you are
Fifteen there's still time for you
Twenty two I feel her too
Thirty three you're on your way
Every day's a new day
Fifteen there's still time for you
Time to buy and time to choose
Hey fifteen, there's never a wish better than this
When you only got hundred years to live


i just wanna regret every time i spend in this life. hope i'm not belongs to one of disadvantageous comity. there's two most forgotten grace in this world : leisure time and health. for me there's two more: family and self potency :)

Jumat, 27 April 2012

Consideration

awalnya saya sendiri yang berkomitmen untuk tidak main-main. tapi sekali nya diminta serius justru bingung sendiri. mil, bedakan antara menjaga hubungan baik dan memberi harapan. bedakan antara bersikap ramah sewajarnya dan menanggapi niat baik orang lain. bedakan antara menjadi teman dan lebih dari teman. bedakan antara tidak dan belum. bedakan ya saya siap dan ya saya siap (saat ini saja). bedakan antara keinginan pribadi dan kebaikan orang banyak. bedakan antara menjaga perasaan dan tidak mengindahkan perasaan. ini tentu bukan cuma masalah hati, jauh lebih luas daripada itu. akhlak, perilaku sungguh semua hal yang berlandaskan karena Allah adalah sebuah kebaikan yang tidak ada penggantinya. kalau ingin kebanggan lihatlah kemampuan fisik. kalau ingin kebahagiaan  lihatlah hati. kalau ingin berjalan beriringan dengan kebahagiaan yang senantiasa menaungi dengan mencurahkan perasaan lihatlah keduanya sebagai supporting unit dan seberapa takutnya dengan Allah sebagai main unit. bagaimana membekali dirinya untuk berhadapan dengan Allah nanti. mungkin saat ini rasa itu ada, tapi kl saya ingin lihat kesungguhanmu untuk menata diri menjadi orang yang lebih baik untukNya apakah saya bisa dibilang banyak menuntut. mungkin. toh jawaban itu juga tidak hanya mempengaruhi kehidupan saat ini, tapi juga masa depan. tetap saya tidak bisa menjanjikan apa-apa. karena itulah saya takut untuk sekedar bicara ya atau tidak. karena sekali berucap, kita harus konsekuen. kenapa saya justru berharap pertanyaan itu hanya untuk jangka waktu skg saja (ga konsisten XD). ada sebuah hadits yang menunjukkan bahwa jodoh bukanlah urusan yang sudah digariskan di Lauful Mahfudz, tapi hanya muamalah biasa. artinya jodoh adalah sebuah pilihan. wanita punya hak lebih untuk dapat menentukan pilihan. apakah berarti wanita itu egois dan ingin menang sendiri? tidak. karena wanita memilih orang yang akan menjadi tempat pengabdian sepanjang hidupnya. menjadi pemimpin dan pembawa kemudi keluarga ke jalur surga. sekali sudah memilih, wanita harus "tunduk". jadi harap maklum ya :D menunggu adalah hal yang sangat sulit. dan saya tidak mau penjadi penghalang untuk sebuah aktualisasi dan pencapaian seseorang. jika sudah saatnya pergi saya ikhlaskan, jika tetap tinggal berarti kesabaran yang memesona. saya sudah menyerahkan semua sama Allah yang maha membolak balikkan hati. 

bagaimana jika menjalani sebagai anak muda biasa yang ingin saling mengenal dengan sewajarnya tanpa melakukan hal-hal yang terlalu jauh? entah ini istilahnya apa, saya juga kurang tahu XD

kalau memikirkan masalah seperti ini, saya selalu ingat orang tua di rumah. tapi tidak pernah sekali pun bercerita kepada mereka. i wish they became my sharing partner

Rabu, 11 April 2012

Trip Jogja Preview


i wanna share my delightful trip in Jogja for 6 days. it's coming soon! kyaaa~

still I am a Woman

Meskipun bisa dibilang punya cukup banyak teman di sekeliling saya, saya sering kesulitan mencari "korban" yang bener-bener pas untuk dijadikan teman berbagi cerita. setiap waktu orang-orang silih berganti datang dan pergi ke kehidupan saya. mereka membawa kebahagiaan dan keceriaan. saya sangat menghargainya. tapi sampai kapan hal itu terjadi? bagaimana jika kita dalam posisi sulit? mereka akan mundur dengan sendirinya. kalaupun ada yang tetap bertahan, bodohnya justru saya yang mendorong mereka untuk menjauh mungkin. karena saya tidak bisa memberi apa-apa buat mereka yang setia di samping saya. mungkin salah saya yang memang enggan untuk menjalin hubungan pertemanan terlalu erat. atau pertahanan diri saya yang terlalu kuat untuk tidak sekedar mengumbar cerita. selama ini saya tidak memberi kesempatan kepada orang lain untuk memahami saya. karena saya memosisikan diri seperti mereka. ketika saya harus mendengar curhatan orang lain saja dengan seadanya. i'm not good listener indeed.  it makes me look lame and burdened. iya benar, saya sangat introvert. 


ketika saya ingin cerita ke keluarga, justru lebih aneh lagi. mereka memang menyenangkan untuk diajak bermain dan bersenang-senang tapi akan kaku sekali kalau sudah bicara masalah personal. apalagi saya anak bungsu yang beda 11 tahun dengan kakak perempuan yang merupakan anak tertua. hal yang hampir mustahil jika harus cerita dengan ketiga kakak laki-laki saya. fyi, saya baru bisa dekat dengan mereka ketika masuk bangku perkuliahan. sebelumnya benar benar dianggap masih bayi yang tidak harus tahu apa-apa.


still I am a woman. benar kata orang bahwa wanita itu sulit dipahami. wanita memiliki banyak pertimbangan dan kekhawatiran terhadap suatu hal. begitu juga dengan saya. menginjak dua puluh tahun benar-benar banyak hal baru yang kadang membuat saya speechless dan thoughtless. banyak hal yang sebenarnya ingin dibagi ke seseorang. pengen sekali saja mendapat pelukan dari seorang sahabat. pelukan yang hangat dan melegakan. orang yang tidak memandang siapa saya, dan senantiasa mendengarkan keluh kesah dan cerita-cerita konyol saya. orang yang bisa diajak tertawa dan menangis bareng. sampai sekarang saya belum menemukannya.


i really wanna be a storyteller now -,-

Minggu, 08 April 2012

Renungan

And the time goes by when you realize there's wrinkle on your face but you haven't done anything once. it's the greatest remorse in my life. and i'm in loss. so i'll make move since the time being. work hard as i live forefer, pray firmly as i'll die tomorrow

Semangat! :D


Jumat, 06 April 2012

Penakluk Badai

Finally, i've gotten this book. thanks for my friend who bought it in Islamic Book Fair. i say bought for the real meaning >,< he didn't want to be paid for the price. this is supposed to be your birthday present, he said. Thanks before and after :) and I just need to pass through next week. yuhuuu... it's still sealed anyway :P maybe i will make the review of this book for all readers (hope soon) 

Penghuni Baru


Mulai malam ini, dinding kamar kosan dihiasi oleh penghuni baru. untuk pertama kalinya saya menempel karya sendiri di antara jejeran tempelan-tempelan tak beraturan di tembok yang penuh debu dan sarang laba-laba ini. ini adalah hasil keisengan saya kabur dari ke-absurd-an AKL Hedging Accounting blablabla... (selalu saja unexpected time lebih menghasilkan daripada planned time) -____- akhirnya saya bisa seperti mahasiswa yang lain, encourage myself with words! biasanya hanya di angan-angan dan numpang lewat.
Salah satu kutipan dalam Al Qur'an ini hampir selalu menyadarkan saya bahwa hidup adalah sebuah perjuangan. Hidup bukan hanya menanti belas kasihan dari orang lain. hidup juga butuh persaingan. karena hal itu akan membuat kita akan lebih bernilai di mata orang lain. terkadang seseorang membutuhkan sebuah pengakuan sebagai lecutan motivasi. dan terutama  kita akan lebih mulia di hadapan Allah. Allah lebih menyukai orang yang berilmu dan aktif dalam majlis/ diskusi dengan komunitas yang baik.
kalau saya, sudah pasti kepercayaan diri meningkat 300% jika telah mencapai sebuah target dan diakui oleh orang. tapi saya bukan tipe ekstrim yang gila gelar atau pujian. saya sudah senang jika orang lain sudah memberikan kepercayaan untuk menjalankan sebuah amanah. kepercayaan lebih dari sebuah penghargaan.
Fastabiqul Khairaat, berlomba-lombalah dalam kebaikan. berkompetisi secara sehat. jangan hanya terobsesi pada hasil, maknai juga prosesnya. kalau berhasil ya jangan jumawa, di atas langit masih ada langit. kalau gagal (ini yang paling sering) berarti usaha saya belum cukup. dan saya memang selalu tidak maksimal dalam berusaha. kalau belajar ya mungkin cuma 30% dari total kemampuan otak saya yang berjalan. saya ingin dikenang sebagai manusia dengan pemilik otak yang rusak ketika meninggal nanti. maksudnya, menjadi orang yang semasa hidupnya mengusahakan nasibnya dengan berpikir dan menciptakan inovasi baru. bekerjalah seolah-olah kamu akan hidup selamanya, dan beribadahlah seolah-olah kamu akan mati esok hari.

Selasa, 03 April 2012

Home

jangan mencengkramnya terlalu kuat, karena sayapnya yang rapuh bisa terluka. jangan pula melepas ikatannya, karena dia akan terbang tanpa sekali pun melihat ke belakang. beri kepercayaan dan perhatian yang penuh lalu biarkan dia terbang menghembuskan impian tinggi di awan. dia selalu ingat bahwa akan selalu ada yang mengawasinya dari jauh dan mengharapkan kedatangannya kembali

Senin, 02 April 2012

Menjaga Diri dan Hati

alhamdulillah saya terlahir sebagai seorang Muslim. sehingga sejak kecil saya diajari tentang nilai-nilai agama oleh orang tua saya. mereka adalah dua pribadi yang berbeda, Bapak adalah seorang yang membiarkan anaknya bebas mengekspresikan diri dengan caranya masing-masing. beliau tidak pernah memberi target kepada anaknya untuk jadi apa kelak. namun untuk masalah syariat yang sangat prinsip, beliau tidak toleran. kami sangat mengerti dan sepakat tentang ini. Ibu, adalah seorang planner. beliau sudah membimbing dari kecil tentang bakat apa yang dipunyai anaknya. dan agak ke arah memaksa karena kami sudah terbiasa malas-malasan. beliau lebih strct jika membahas mengenai akhlak dan tindak tanduk anak-anaknya. untuk itu, Ibu secara otomatis menjadi alarm pengingat untuk kami dengan wataknya yang tegas

saya sebagai wanita satu-satunya yang belum punya pasangan di keluarga tidak henti-hentinya diingatkan oleh ibu akan pentingnya menjaga kehormatan keluarga. karena sekali saja salah satu dari kami berbuat tidak baik, tentu akan mencederai seluruh nama keluarga.dan noda itu akan sulit sekali dihilangkan,  setiap kali nelfon beliau tak pernah lupa bilang "ojo muleh bengi, ojo mlaku karo cah lanang, ojo numpak angkot sore-sore". dan setiap kali saya mendengar itu saya langsung terdiam dan meringis dalam hati. selama ini saya sudah banyak melanggar panyuwunnya. jangan pulang malam; saya sering lebih dari jam 10 untuk kegiatan organisasi dan main-main. jangan jalan sama laki-laki; kadang-kadang ada kondisi dimana saya tidak bisa menghindar walaupun pada akhirnya tidak terjadi apa-apa. jangan naik angkot sore-sore karena sering kasus pelecehan seksual di angkot; saya pulang ngajar dan main sampe malem walaupun bersama orang banyak. akhirnya saya jujur kepada beliau, untungnya beliau mengerti.

saya adalah seorang Muslimah, tapi karakter saya yang selalu ingin menjaga hubungan baik dengan siapa saja membuat saya tidak ingin membatasi diri. saya ingin bergaul dengan siapa pun karena banyak hikmah yang bisa diambil dari pengalaman berteman dengan berbagai macam pribadi. namun saya sadar, sekarang saya bukan anak kecil lagi. banyak keburukan di luar sana yang tidak kita ketahui. namun saya juga tidak ingin menutup diri dari lingkungan. saya hanya ingin menjadi Muslimah yang taat namun tetap bersahabat dan terbuka kepada orang lain. saya akan selalu ingat bahwa ridho Allah bergantung pada ridho orang tua :)

untuk siapa saja yang merasa saya jauhi, sebenarnya saya tidak berubah drastis hanya berusaha menjaga diri dan hati dari hal-hal yang tidak baik. belum saatnya saja terlalu mengekspos hati terlalu jauh. dia akan menemukan tempatnya sendiri suatu hari nanti. ini bukan sebuah klarifikasi, tapi berbagi unek-unek saja. semoga hal ini tidak membuat hubungan pertemanan kita jadi luntur. saya akan tetap menjadi Milki yang periang dan heboh sendiri :)

*ditulis karena merasa ga enak sering menolak ajakan orang -,-