Jumat, 31 Mei 2013

Trial and Yummy #2: Banana Caramelized Pie

Assalamu'alaikum

Setelah melakukan sebuah langkah besar (menurut saya) dengan mempublikasikan resep trial and error kepada teman-teman, ternyata saya masih dalam kondisi semangat berapi-api untuk melanjutkan tren positif ini. ketagihan untuk menuliskan resep lagi disini. one step closer untuk lebih merealisasikan hobi menjadi karir yang bisa ditekun, aamiin :) Kalau dalam dunia profesional, ada spesialisasi masakan yang diusung secara konsisten oleh tiap chef. Mungkin saya bisa disebut chef spesialis cake and pastry. haha subjektif sih, karena saya menjuluki diri sendiri sesuai dengan ketertarikan saya dengan makanan yang manis dan gurih. namun ga jarang kok saya membuat lauk untuk di rumah. kalau ini lebih ke pemenuhan kewajiban daripada sekedar hobi. hehe. tidak lupa saya menyematkan favorit saya, gurih dan creamy. maka dari itu, saya lebih suka ke makanan Italia yang mengkombinasikan pasta yang al dente dengan sausnya yang lembut, baik yang bolognaise maupun carbonara. hmmm... sup krim jagung juga masuk dalam fav list saya (padahal wong jowo tapi nggaya) ya gpp, itu kan masalah selera. bagaimana pun juga cinta pertama saya hanya untuk sambal terasi ikan panggang dan tempe plus sayur bening. habislah nasi di magic com :))

Lanjut lagi nih,salah satu impian saya adalah membuat bolen pisang ala Kartika yang terkenal sekali seantero nusantara. Kartika fokus pada tekstur kulit bolen yang renyah nan gurih membungkus sempurna pisang seperti pengalaman para ahli dulu kalau tiada keberhasilan tanpa usaha dan kerja keras terus menerus, saya akan mulai berlatih secara perlahan :) kali ini saya akan membuat pie yang adonannya mirip dengan bolen, this is it! Banana Caramelized Pie alias pie pisang. kalau yang masih pemula seperti saya, pas sekali karena lumayan mudah bahan dan cara pembuatannya :) ohiya karena saya baru mendapat kiriman keju mozarella dari kakak saya di Jakarta, saya coba di resep ini. dan hasilnyaaaaaaa..... kurang memuaskan :l ketika saya komplain ke kakak, ternyata pemakaian keju harus dalam jumlah banyak agar terasa kegurihannya. yap next time mungkin ya :) langsung saja yuk ke cara pembuatannya :)



Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan pie ini, baik dari segi kulit dan isinya. 
1. Untuk adonan kulit, pastikan mentega yang digunakan dalam keadaan dingin, kalau perlu membeku di dalam freezer. hal ini membuat kulit pie menjadi renyah di dalam mulut. Keluarkan mentega dan biarkan sebentar dalam suhu ruang. lalu potong dadu.
2. air yang digunakan adalah air es, 
3. untuk isi, panaskan gula sampai mencair tapi jangan sampai gosong karena akan menjadi pahit. proses pemasakan isi harus dilakukan dengan cepat agar pisang tidak terlalu lembek dan masih ada teksturnya
4. tips tambahan untuk keju mozarella: penyimpanan sehari-hari harus di dalam freezer agar terjaga bentuk dan kualitas rasanya. ohiya keju mozarella biasanya dalam kemasan yang besar. setelah beku potong kecil-kecil sesuai kebutuhan agar praktis dalam penggunaan dan tidak merusak tekstur keju utuh jika sering dikeluarkan dari freezer. ketika akan dipakai, keluarkan dan biarkan di suhu ruang selama beberapa saat. keju akan menjadi empuk

Bahan-bahan

Kulit pie:
200 gr Tepung Terigu protein sedang
100 gr mentega dingin, potong dadu
50 ml air/susu dingin
1/2 sdt garam
1 sdt vanila

Caramelized Banana:
3 buah pisang raja matang, potong kecil-kecil
75 gr gula pasir
2 sdm kayu manis bubuk
100 gr keju mozarella

Cara pembuatan:
1. Tuangkan tepung terigu ke dalam wadah kering. Masukkan mentega dingin. remas-remas mentega yang sudah terselimuti tepung. jangan menguleni, tapi cukup diremas-remas agar membentuk butiran-butiran kecil hasil pencampuran mentega dan tepung. biarkan jika masih ada butiran kasar
2. masukkan air/susu sedikit demi sedikit. jangan menuangkan sekaligus karena kita tidak bisa mengira-ngira tingkat kelembabannya. bisa jadi air sebanyak itu lebih dari yang dibutuhkan. cek sampai butirannya lembut tapi tidak sampai lembek.
3. masukkan garam, vanila, pijat lembut. bentuk bulatan dan diamkan beberapa saat
4. untuk isi, panaskan wajan yang telah diberi mentega, masukkan gula. masak di api sedang. tunggu jangan sampai gosong. masukkan potongan pisang. aduk seperlunya. jika sudah agak lembek taburi kayu manis bubuk. semakin banyak semakin wangi adonan isi yang dihasilkan :)
5. siapkan loyang pie. masukkan adonan dan pipihkan sesuai dengan penampang dalam pie. usahakan memenuhi sluruh ruangan pie. masukkan adonan isi ke dalam keranjang pie. kemudian taburi dengan keju mozarella. lagi-lagi semakin banyak semakin nikmat :) tutupi dengan adonan kulit pie yang tersisa. kemudian olesi permukaannya dengan campuran kuning telur dan susu cair.
6. panggang dalam oven bersuhu 200 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit
7. angkat dan sajikan :)

untuk 10 pie kecil


0 komentar:

Posting Komentar