Kamis, 14 Juni 2012

My First Employee-to-be Experience

pukul 06.30 saya sudah rapi mengenakan kemeja putih polos fresh from iron 10 menit yang lalu, begitu pula dengan rok dan jilbab. hari ini penanda salah satu fase terpenting dalam timeline hidup saya, jadi sebisa mungkin tampil sempurna. ya, hari ini adalah hari pertama saya menjalani studi lapangan yang merupakan syarat kelulusan tingkat akhir selama tiga tahun menimba ilmu di STAN. saya tidak pernah berhenti bersyukur belajar di STAN. it really suits me :)


pukul 07.00 saya sudah sampai di kantor Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, tempat saya belajar menjadi pegawai sekalius mencari data untuk tugas akhir selama satu bulan. dan apa yang saya dapati disana pada jam tersebut? kosong, sunyi, senyap. bukti nyata adalah lahan parkir yang masih 'suci' dari kendaraan bermotor. fyi, apel pagi setiap hari jam 7.15. kemudian dalam hati berpikir, apakah nanti saya juga bertingkah seperti ini? awalnya menjunjung tinggi integritas, namun ujung-ujungnya takluk juga dengan konvensi mayoritas o.O

jujur saya pun berpikiran seperti mereka. tapi kemudian saya berkaca. "kamu itu masih anak pkl. magang juga belum. wis arep neko-neko" dan saya berhasil membangun citra sebagai mahasiswa stulap yang lumayan rajin. menurut saya pencitraan itu penting untuk hubungan antar pegawai di kantor. asal tidak berlebihan lalu jaga image (jaim)

apel pagi pukul 7.15 mengingatkan saya dengan upacara bendera di sekolah, bedanya adalah durasinya tidak ada spersepuluh ketika di sma dan tidak ada pengumuman-pengumuman layaknya masa putih abu-abu. anak stulap membentuk barisan penutup untuk jajaran pegawai. dan waala 5 menit sudah dialokasikan untuk membaca doa dan laporan. tanpa penghormatan, bubar jalan! yaak, semua kembali ke kandang masing-masing.

awalnya selama tiga hari kami mendapat mandat langsung dari kepala DPPKAD untuk mempelajari dan memahami penyusunan APBD di bagian anggaran. eh di ruangan yang bisa menampung 8 orang hanya ditempati oleh 3 orang yang baca koran dan nonton tv. mungkin ini bentuk penyegaran kembali pikiran setelah sebelumnya hectic dengan tetek bengek APBD. entah kami beruntung atau buntung datang di saat time line program kerja tidak sedang padat-padatnya. aktivitas hanya berputar-putar soal administrasi, surat masuk keluar. melayani data bidang lain. dan salah satu pegawai, Ibu Adma "kami juga menampung semua kemarahan bidang lain" :o

judulnya adalah studi lapangan. tujuannya adalah membiasakan iklim bekerja dan bersosialisasi dengan banyak orang dan mencari data tentu. faktanya: kami langsung diberi setumpuk permendagri, peraturan daerah, peraturan bupati, keputusan bupati, dan APBD tahun 2012 beserta penjabarannya yang lebih mirip ensiklopi /buku pintar sejagad o.O intinya adalah disana mereka dengan senang hati dan tanggap melayani pertanyaan, keusilan, kehebohan, kebingungan kami. lalu mencari data yang kami butuhkan dari lemari yang satu ke yang lain. they are so cool.

speaking of bagian anggaran, pernah ada cerita yang misti sekaligus ngeri. jadi di ruangan yang tidak begitu luas itu, keempat orang itu menggodok anggaran seluruh dinas sekabupaten pati. bayangkan sekrusial apa peranan mereka untuk perekonomian di Pati. semua pendapatan dan belanja yang akan dilaksanakan harus melalui pembahasan yang intensif oleh mereka bersama TAPD (Tim APBD) yang terdiri dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Bapeda, Inspektorat, asisten hukum. tentu tidak sedikit pihak yang menaruh curiga bahkan rasa kesal jika RAPBD yang mereka susun tidak sesuai terutama jika dipangkas cukup signifikan. ada yang memakai jalur tidak fair, mengirim ilmu ilmu yang membuat orang tidak bisa beraktivitas seperti biasa. misal dulu kabid anggaran pernah sakit agak lama yang tidak diketahui penyebabnya. naudzubillah min dzalik

kami di sana bukannya malah membantu pekerjaan mereka, justru malah merepotkan. entah saya melihat mereka begitu menyambut baik kedatangan kami. pasokan jajan tiap hari, obrolan ringan, gurauan usil, godaan kecil adalah insentif bagi kami yang tidak berkontribusi apa-apa untuk kantor. tapi saya selalu ingat perkataan seseorang. " tujuan utama stulap itu bersosialisasi dan beradaptasi dengan suasana kantor agar kelak tidak kaget" :')

stigma fotokopi dan bikin kopi menjadi tugas kami sehari hari tidak begitu berlaku. mereka menghargai kami sebagai tenaga di bidang akuntansi. jadi tugas yang diberikan minimal mengetik dan review beberapa kasus. pernah saya akan diajak ke Tayu untuk ikut pembahasan maslaah dana bergulir yang menjadi salah satu temuan BPK di LHP 2011. pembahasan itu adalah tindak lanjut yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Pati melalui DPPKAD. semoga saya benar-benar diajak. menguping rapat kasi saya yang sekarang, bidang pembiayaan dan bantuan keuangan, sudah membuat saya penasaran akan mekanisme kerja mereka. apalagi terlibat langsung di dalamnya. walaupun ilmu masih cetek. sebisa mungkin pengen banget paling ga bersuara di forum

sayangnya samapai sekarang saya belum dapat data. bukan karena dihambat, tapi justrui saya bingung. data apa saja yang dibutuhkan, bagaimana mengolahnya, batasan maslaahnya samapi dimana. semua pertanyaan itu memenuhi kepala saya. semoga sebentar lagi dapat pencerahan. tidak mau membuang kesempatan yang berharga ini. ayo ayo mil semangaaat! masih 3 minggu lagi. semoga sugesti 3 minggu lagi adalah waktu yang sempit masih efektif. ga ga lagi jadi deadliner. bismillah :)

1 komentar:

Pencari Cahaya mengatakan...

Amin. Semangat Milki :)

Posting Komentar